Gambar Rumah Tempo Dulu

Rumah identik dengan sebuah bangunan yang disinyalir sebagai tempat tinggal bagi manusia, rumah sebagai kebutuhan primer yang wajib dimilki oleh manusia, pasalnya manusia di dunia ini sangat membutuhakan apa yang disebut dengan rumah, selain pangan, rumah juga termasuk kebutuhan primer yang begitu banyak manfaat yang sangat menguntungkan bagi kehidupan manusia, bahkan tidak sedikit orang didunia ini ingin memliki rumah mewah, luas dan juga nyaman.

Saat ini kita memang hidup di jaman yang serba modern yang banyak sekali menyajikan macam teknologi yang memudahkan kita dalam melakukan kegiatan sehari hari, dengan mudah pergi ke suatu tempat lain yang jarak tempuh mencakupi puluhan kilometer dengan adanya ragam kendaraan, di jaman ini kita bisa berkomunikasi dengan orang lain tanpa harus bertatap muka langsung dengan orang tersebut, salah satu teknologi yang dipakai adalah ponsel. dengan adanya ponsel atau telpon selular kita bisa menerima informasi dan hal yang kita ingin tahu sekalipun jaraknya bisa terbilang jauh. makin lama semakin canggih,  sekarang orang – orang di Indonesia sudah masuk terbilang masyarakat modern yang apa – apanya serba instan dan cepat. dengan didukung dengan kecanggihan internet yang memasuki  indonesia, masyarakat kita seakan menjadi masyarakat yang individual.

Namum berbeda dengan topik yang akan kita bicarakan langsung kali ini kami akan mencoba kembali ke jaman tempo dulu yang  jika di bilang anak – anak jaman sekarang dengan istilah sebutan  “jadul” alias jaman dulu. hehe … kita sekarang bisa merasakan seperti apa canggihnya teknologi namun kita seakan melupakan peninggalan dari leluhur bangsa indonesia kita tinggalkan untuk kita, sejenak kita tinggalkan dulu kecanggihan jaman di era ini. Mari kita coba sedikit membuka ingatan kita akan rumah adat jaman dulu di Indonesia kita simak saja bebrapa gambar rumah tempo dulu dengan adat istiadat negeri kita tercinta, mari disimak :

1. Rumah Gadang ( Sumatera Barat )

1Gambar rumah tempo dulu yang tampak adalah rumah Gadang berasal dari Sumatera Barat – Indonesia. Rumah Gadang ini adalah rumah sebagai tempat tinggal bersama – sama, memilki ketentuan khas tersendiri. Jumlah kamar biasanya ditentukan dari banyaknya  jumlah perempuan yang menhuni rumah ini. jika ada perempuan yang sudah menikah biasanya seorang perempuan itu diberi satu kamar, sedangkan perampuan yang sudah tua atau perempuan yang masih di bawar umur biasanya memperoleh kamar didekat dapur. hmm. bagaimana cukup unik kan? negeri kita ini.

2. Rumah Kasepuhan ( Jawa Barat )

2

Gambar rumah tempo dulu diatas adalah rumah kasepuhan asal cirebon – Jawa Barat  rumah ini memang bukan hunian yang biasa, tetapi tempat ini disinyalir adalaha tempat tapak tilas  tempat bermukim Raja  Cirebon, sekaligus dijadikan pusat pemerintahan.  dilihat dari segi Arsitektur dari bangunannya memang sangat terlihat sekali perpaduan antar arsitektur unsur budaya Islam, Hindu, juga kristen. sangat beragam kan ?

3. Rumah Joglo ( Jawa Tengah )

3

Sangat menarik apabila kita mengkaji tentang rumah adat asal Jawa Tenga, seperti pada gambar diatas. karena secara langsung kita akan menyinggung langsung dari segi  nilai-nilai luhur.  rumah joglo ini adalah sebuah simbol  apabila kita lihat  dari bentuk arsitekturnya terdapat empat buah penyangga utama pada rumah ini. itu menandakan arah mata angin. barat, utara, selatan. dan timur.

4. Rumah Tongkonan ( Sulawesi Selatan )

4

Rumah ini terlihat sangat unik karena memilki Atap yang lengkung seperti perahu, dan terdiri dari beberapa susunan bambu. Bagian depan terdapat sederetan tanduk kerbau. Bagian dalam ruangan biasanya dijadikan hanya sebagai tempat tidur dan dapur. tetapi perlu diketahui rumah Tongonan ini biasa digunakan untuk menyimpan mayat.

Demikianlah bahasan dari kami seputar gambar rumah tempo dulu. semoga bisa bermanfaat bagi anda sedikit  membuka akan ingatan tentang seputar rumah jaman dulu peninggalan nenek moyang leluhur Bangsa indonesia negeri kita tercinta. Terima kasih banyak .

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s